Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Melanjutkan Studi Gratis Ke Jerman

Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Melanjutkan Studi Gratis Ke Jerman

Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Jerman adalah negara uni Eropa yang termasuk negara favorit untuk tempat melanjutkan studi atau kuliah. 

Meskipun termasuk negara uni Eropa yang pastinya dikenal dengan biaya hidup yang tinggi, namun ternyata ada beberapa informasi yang menyebutkan bahwa kuliah di Jerman bisa gratis.

Lalu Apakah Kuliah di Jerman Gratis? Apakah benar kuliah di Jerman benar-benar gratis bagi para mahasiswanya sehingga tak ada uang SPP?

Apakah Kuliah di Jerman Gratis? 

Dalam beberapa diskusi pelajar internasional ada informasi yang menyebutkan bahwa pendidikan perguruan tinggi di Jerman gratis. Topik tersebut telah dibahas secara berlebihan sehingga membuat orang menjadi bingung apakah ini benar atau tidak.

Pada tahun 2014, Pemerintah menyetujui keputusan untuk menghapuskan biaya internasional di semua perguruan tinggi negeri. Meskipun di beberapa negara bagian Jerman, biaya kuliah internasional diperkenalkan kembali, biaya belajar di Jerman tetap jauh lebih rendah daripada di tempat lain.

Dikatakan demikian, di sebagian besar perguruan tinggi yang perlu dibayar hanyalah sejumlah kecil yang didedikasikan untuk menutupi biaya administrasi dan transportasi umum. 

Pembayaran ini umumnya dikenal sebagai "kontribusi semester" dan dibayarkan setiap semester yang lewat. Biayanya bervariasi dari universitas ke universitas, tetapi berkisar antara €150 dan €250 per semester.

Di sisi lain, perguruan tinggi swasta menerapkan biaya internasional. Ada spektrum yang luas dari biaya internasional yang diterapkan di lembaga-lembaga ini yang berubah sesuai dengan kebangsaan Anda dan jenis program studi yang dipilih.

Jadi apa benar bahwa kuliah di Jerman itu gratis? Jawabannya adalah jika yang dimaksud adalah bahwa kuliah di salah satu kampus di sana benar-benar gratis dan tidak membayar satu sen pun, maka ini adalah salah.

Karena pada kampus-kampus di Jerman tetap diberlakukan biaya administrasi yang secara umum biayanya dinilai kecil.

Namun, karena sejumlah uang yang dibayarkan itu diperuntukan untuk biaya administrasi dan bukan untuk biaya kelas, maka bisa disebut bahwa memang kuliah di Jerman adalah gratis.

Previous Post Next Post