Informasi Tentang Kuliah di Filipina

Informasi Tentang Kuliah di Filipina

Apakah Anda ingin belajar di Filipina? Siswa yang menyelesaikan studi sarjana mereka di Filipina ingin menyelesaikan Master mereka di sini. Mengapa? Karena di Filipina, universitas dan sekolah kejuruan yang lebih berkualitas sedang didirikan hari demi hari. 

Namun sebelum kita menyentuh universitas terbaik di Filipina, mari kita tinjau beberapa dasar tentang sistem pendidikan di negara ini.

Beragam Informasi Tentang Pendidikan Tinggi di Filipina

Tahukah Anda bahwa Filipina memiliki jumlah institusi pendidikan tinggi tertinggi di Asia Tenggara? Pada tahun 1994, Komisi Pendidikan Tinggi (CHED) didirikan, yang mengatur pendidikan tinggi di Filipina. Hingga tahun 2013, terdapat 2.229 perguruan tinggi negeri dan swasta. Ini; 656 di antaranya adalah lembaga publik (28,53%) dan 1.643 swasta (71,47%).

Pendidikan Teknik dan Kejuruan

Sekolah teknik dan kejuruan disebut perguruan tinggi di Filipina. Program-program ini dapat berlangsung beberapa minggu atau hingga tiga tahun. Ketika siswa siap untuk lulus, sebagian besar program memerlukan ujian TESDA (Lembaga Pendidikan dan Keterampilan Teknis) untuk mendapatkan sertifikat atau diploma. 

Ini umumnya perguruan tinggi terakreditasi yang tidak memerlukan ujian masuk. Namun, mereka membutuhkan biaya pendaftaran dan pendaftaran sekolah menengah.

Pendidikan Universitas

Perguruan tinggi biasanya menawarkan satu atau lebih program khusus, sedangkan universitas di Filipina menawarkan setidaknya 8 program sarjana yang berbeda dan setidaknya 2 program master.

Semua universitas negeri adalah non-denominasi (tidak berafiliasi dengan agama) dan bahasa pengantar adalah bahasa Inggris. Perguruan tinggi negeri didanai oleh negara dan menerima porsi yang signifikan dari anggaran tahunan. Universitas denominasi sebagian besar adalah organisasi swasta, Katolik, nirlaba. Seperti di AS, sebagian besar universitas menawarkan program sarjana 4 tahun dengan 2 semester per tahun.

Kredit dan Gelar

Struktur kredit dan gelar di universitas di Filipina sangat mirip dengan di Amerika Serikat. Pertama, ijazah sekolah menengah atas siswa dan terkadang hasil Ujian Prestasi Menengah Nasional (NSAT) dilihat.

Gelar Sarjana

Program sarjana di Filipina berlangsung minimal 4 tahun. 2 tahun pertama (63 sks) dikhususkan untuk mata kuliah pendidikan umum, dan semua kelas dikelompokkan menjadi fokus utama mahasiswa dalam 2 tahun terakhir. Beberapa program gelar, termasuk pertanian, farmasi dan teknik, membutuhkan waktu 5 tahun.

Gelar Magister

Di Filipina, gelar master biasanya diselesaikan dalam 2 tahun untuk siswa penuh waktu. Untuk memenuhi syarat untuk master, siswa harus sudah memiliki gelar sarjana di bidang yang relevan dan memiliki nilai rata-rata sama atau lebih baik dari rata-rata 2,00/85%/B.

Gelar Doktor

Gelar doktor di Filipina mencakup tesis yang dapat dihitung hingga seperlima hingga sepertiga dari nilai akhir. Sebagian besar program doktor diselesaikan dalam 2 sampai 4 tahun, tidak memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tesis.

Kualitas Pendidikan Tinggi Di Filipina

Pemerintah Filipina telah bertujuan untuk meningkatkan akses dan partisipasi dalam pendidikan tinggi dalam beberapa tahun terakhir dan terus meningkatkan kualitas pendidikan. Pendaftaran pendidikan kejuruan dan universitas meningkat dari 27,5% pada tahun 2005 menjadi 35,7% pada tahun 2014, dan jumlah siswa yang terdaftar meningkat dari 2,2 juta pada tahun 1999 menjadi 4,1 juta pada tahun 2016. 

Filipina adalah satu-satunya negara berbahasa Inggris di Asia Tenggara. Australia adalah negara tujuan paling populer bagi pelajar Filipina yang mencari gelar di luar negeri. Amerika Serikat adalah tujuan paling populer kedua. Selandia Baru, Inggris, Arab Saudi, Italia, Jepang, Korea, dan Kanada adalah negara lain dengan pendaftaran Filipina.

Biaya kuliah lebih rendah daripada di AS dan sebagian besar Eropa. Biaya hidup untuk siswa internasional rendah, sekitar $4,200-6,00 per tahun. Pada 2017, undang-undang tentang “Akses Universal ke Pendidikan Tinggi Berkualitas” telah diadopsi. Artinya, tidak semua perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi yang terakreditasi akan memungut biaya pendidikan.

Previous Post Next Post