Apakah S2 itu penting? Haruskah Lanjut Kuliah S2?

Apakah S2 itu penting? Haruskah Lanjut Kuliah S2?
Apakah S2 itu penting? Haruskah Lanjut Kuliah S2? Pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting bagi seseorang, karena dengan pendidikan ia bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat dalam hidupanya.

Meskipun pendidikan ini sangatlah penting, perlukah seseorang melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, misalnya lanjut kuliah s2?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Apakah S2 itu penting? Haruskah Lanjut Kuliah S2?

Pendidikan S2

Pendidikan s2 atau pendidikan jenjang master adalah pendidikan yang ditempuh setelah seorang mahasiswa menyelesaikan pendidikan s1-nya, atau pendidikan sarjana strata 1.

Pendidikan s2 ini biasanya ditempuh selama 2,5 hingga 3 tahun atau sekitar 5-6 semester. Sebagaimana pendidikan s1, dalam pendidikan s2 juga pada jurusan tertentu ada tugas akhir yaitu menulis thesis.

Apakah S2 itu penting? Haruskah Lanjut Kuliah S2?

Secara umum, pendidikan s2 itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan pendidikan seseorang. Misalnya dalam profesi pendidik, kuliah s2 diperlukan untuk meningkatkan kompetensi diri dalam bidang yang ditekuni.

Tujuan utama kuliah s2 atau pendidikan pascasarjana adalah agar mahasiswa dapat melakukan penelitian ilmiah dan mengakses informasi lebih lanjut. Selain itu, ia menambahkan perspektif yang berbeda dalam hal kemampuan untuk mengevaluasi dan menafsirkan informasi.

Langkah awal mahasiswa yang ingin melanjutkan di bidang akademik adalah gelar master. Tidak ada persyaratan untuk gelar doktor untuk menjadi akademisi, tetapi ada persyaratan untuk memiliki gelar master atau untuk melakukannya.

Untuk bekerja di berbagai sektor atau untuk mendapatkan gelar yang berbeda di lembaga swasta atau publik, adalah potensi penting untuk mendapatkan gelar master untuk mendapatkan profesi. Karena ini dan banyak faktor lainnya, ada lembaga dan departemen pascasarjana di banyak universitas di negara kita dan di luar negeri.

Alasan Mahasiswa Melanjutkan S2

Menurut survei Postgraduate Taught Experience dari Akademi Pendidikan Tinggi 2017, alasan paling populer untuk mengejar gelar master adalah seperti untuk meningkatkan karir saat ini (58%), meningkatkan prospek kerja (54%), mengembangkan perhatian pribadi (46%), mencapai tingkat kemahiran yang lebih tinggi (21%), mampu memasuki profesi tertentu (21%) dan memenuhi persyaratan pekerjaan saat ini (9%).

Bagi seseorang yang ingin berkarir dalam bidang akademik pastinya harus melanjutkan pendidikan s2 dan s3 untuk bisa bekerja sebagai dosen di kampus. Beberapa profesi seperi manager dan pengajar juga disyaratkan untuk memiliki ijazah s2.

Oleh karenanya, bagi teman-teman yang memiliki minat untuk bekerja di bidang-bidang tertentu yang mensyaratkan pendidikan s2, maka kuliah s2 ini pun menjadi alasan utama untuk diraih.

Previous Post Next Post