Persyaratan Untuk Kuliah S2 dan S3 di Turki

Persyaratan Untuk Kuliah S2 dan S3 di Turki

Persyaratan Untuk Kuliah S2 dan S3 di Turki, Turki merupakan negara yang terletak di Eropa dan Asia yang mana sebagian universitasnya masuk dalam universitas terbaik dunia.

Hal ini pun menjadikan Turki sebagai negara yang banyak menarik minat mahasiswa asing untuk kuliah di sana. Termasuk banyak sekali mahasiswa Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan studi di Turki.

Persyaratan Untuk Kuliah S2 dan S3 di Turki

Berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu dipenuhi oleh pelajar asing, termasuk pelajar dari Indonesia untuk melanjutkan studi s2 dan s3 di Turki.


Persyaratan ini adalah persyaratan yang biasanya diminta oleh beberapa kampus di Turki bagi pelajar asing yang ingin mendaftar studi s2 dan s3 di Turki.

Persyaratan Pendaftaran Kandidat Asing untuk Program

a)  calon warga negara asing yang akan mendaftar ke program magister dengan tesis; Harus memiliki gelar sarjana dari fakultas atau perguruan tinggi di Turki atau luar negeri (Lulusan asing harus memiliki Sertifikat Kesetaraan YÖK atau Sertifikat Pengakuan dari YÖK). Tautan Aplikasi Sertifikat Kesetaraan dan Pengakuan YÖK: https://denklik.yok.gov.tr/online-basvuru

b)  calon warga negara asing yang akan mendaftar ke program doktor; Harus memiliki gelar sarjana/master dari fakultas/sekolah/lembaga di Turki atau di luar negeri. Tautan Aplikasi Sertifikat Kesetaraan dan Pengakuan YÖK: https://denklik.yok.gov.tr/online-basvuru

c)  ALES atau dokumen hasil ujian yang setara tidak diperlukan bagi kandidat asing yang akan mendaftar ke program magister atau doktoral dengan tesis.

d)  Persyaratan nilai kelulusan tidak diperlukan untuk pelamar asing.

e)  Pelamar asing harus telah memperoleh nilai yang dipersyaratkan dari ujian bahasa asing pusat, yang diterima sebagai setara oleh OSYM, dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Rusia, Arab, Cina, Jepang, dan Persia. Tingkat skor yang diperlukan termasuk dalam tabel kuota.

f)  Kandidat warga negara asing harus memiliki dokumen dari Pusat Pengajaran Turki (TÖMER) yang menunjukkan bahwa pengetahuan bahasa Turki mereka berada di level C1 sehingga mereka dapat mengikuti program pascasarjana.

Dokumen yang Diperlukan dari Pelajar Asing Selama Pendaftaran

a)  Fotokopi halaman informasi identitas paspor akan dibawa bersama dengan paspor asli, dan aslinya akan disetujui oleh sekretariat lembaga.

b)  Fotokopi izin tinggal dengan visa pelajar

c)  Asli dan fotokopi surat keterangan keluar atau ijazah. Kandidat yang lulus dari perguruan tinggi di luar negeri harus menyerahkan ijazah atau sertifikat kelulusan bersama dengan Equivalency Certificate/Recognition Certificate yang dikeluarkan oleh Dewan Pendidikan Tinggi.

d)  Salinan asli atau yang diaktakan dan fotokopi transkrip yang menunjukkan gelar sarjana untuk pendaftaran akhir pada program magister dan gelar magister untuk pendaftaran akhir pada program doktor. Lulusan lembaga pendidikan tinggi di luar negeri diminta untuk menyerahkan transkrip mereka bersama dengan terjemahan bahasa Turki yang disetujui.

e)  Salinan dokumen dari Pusat Pengajaran Turki (TÖMER) yang menunjukkan bahwa kemahiran bahasa Turki berada di level C1, asalkan ditunjukkan bersama dengan aslinya.

f)  YDS, YÖKDİL atau dokumen hasil ujian yang setara.

g)  Pas foto diambil dalam 6 bulan terakhir (4,5 X6 Cm) (2 lembar)

Syarat di atas pada beberapa kampus mungkin sebagiannya tidak akan diminta. Bisa juga beberapa kampus meminta persyaratan yang lain yang tak dicantumkan di atas. 

Persyaratan di atas adalah persyaratan contoh saja yang diambil dari kampus Istanbul Medeniyet Universitesi, meskipun secara umum setiap kampus akan meminta persyaratan yang sama.

Previous Post Next Post