Contoh Motivation Letter Beasiswa 500 Kata

Contoh Motivation Letter Beasiswa 500 Kata

Contoh Motivation Letter Beasiswa 500 Kata,  Motivation letter sangatlah penting bagi kita untuk melamar sesuatu, seperti beasiswa, kuliah, atau pekerjaan. 

Motivation letter seperti namanya merupakan sebuah surat yang berisi tulisan yang menunjukkan adanya motivasi atau keinginan seseorang untuk melamar sebuah pekerjaan atau beasiswa.

Motivation letter ini sangatlah penting dalam urusan administrasi beasiswa, kuliah atau pekerjaan karena dengan motivation letter inilah penyeleksi akan bisa mengetahui sejauh mana motivasi kita dalam mengikuti tes atau seleksi yang diadakan.

Meskipun motivation letter ini sangat umum dalam perkuliahan, beasiswa atau pekerjaan, namun banyak juga teman-teman yang masih bingung tentang contoh dari motivation letter ini. 

Oleh karena itu berikut ini kita akan mengulas tentang Contoh Motivation Letter Beasiswa 500 Kata agar bisa menjadi catatan dasar dan contoh bagi kita dalam membuat motivation letter.

Contoh Motivation Letter Beasiswa 500 Kata

1. Contoh Motivation Letter 500 kata dari Sholikhatunnisa

Berikut ini adalah contoh motivation letter 500 kata dari Sholikhatunnisa, seorang mahasiswi yang kuliah di UIN Walisongo semarang. 

Nama saya Sholikhatunnisa, saat ini saya kuliah prodi Gizi (S1) di UIN Walisongo Semarang. Komunitas atau organisasi adalah bukan hal yang asing bagi saya, sejak SMP saya termasuk siswa yang senang berorganisasi begitu pun saat SMA. Menurut saya, menjadi pasifi tu tidak menyenangkan. Apalagi sekarang sudah menyandang gelar mahasiswa, tak mungkin rasanya berdiam diri hanya mendengarkan dosen menyampaikan materi di kelas lalu pulang. Saya memiliki banyak impian yang ingin saya capai. Salah satunya adalah dengan selalu mencoba hal baru, penuh tantangan, serta menyimpan banyak kesempatan-kesempatan baru yang menunggu untuk dibuka. Saya pikir cara agar saya bisa mendapatkan hal tersebut adalah dengan terus menambah teman, mengikuti berbagai kegiatan dan aktif di suatu komunitas. Setiap orang pasti memiliki harapan dan cita-cita. Menjadi orang yang bermanfaat adalah keinginan setiap individu. Begitu pun saya, saya ingin bermanfaat untuk orang lain dan bisa berkontribusi dalam hal kebaikan. Menjadi orang yang bermanfaat tentu saja tidak dengan berdiam diri, kita harus melakukan perubahan. Semua orang ingin berubah, tapi hanya sebagian yang benar-benar melakukannya.

Jika ingin perubahan hidup, maka perubahan tindakan adalah keharusan. Itulah yang dikatakan oleh seorang motivator muda di Indonesia. Menjadi seorang yang lebih baik adalah impian setiap orang, bahkan sebuah organisasi pun pasti memiliki keinginan untuk lebih baik, lebih maju. Tetapi, sebelum merubah sesuatu yang lebih besar, kita sendiri harus merubah input kita terlebih dahulu. Dalam melakukan perubahan ini tentu kita akan mengalami hambatan-hambatan dalam prosesnya. Perubahan yang besar butuh perjuangan yang besar. Perubahan ini juga tentu dipengaruhi karena motivasi dari diri sendiri, hal utama yang harus kita lakukan adalah mengubah mindset, ubah pola pikir. Pola pikirlah yang membuat seseorang berbeda dengan orang lain.Menurut saya, dengan berorganisasi dan melakukan hubungan persaudaraan dengan berbagai kalangan, kita bisa mengubah pola pikir tersebut untuk selangkah lebih maju dari orang yang tidak biasa berorganisasi. Saat itulah kita dituntut untuk terbiasa menjalin kerja sama dan bertukar pikiran satu sama lain, apalagi dengan mengikuti perkumpulan bersama orang-orang hebat. Kita akan tertular untuk terus lebih baik dan melakukan perubahan. Tentu saja saya pun ingin berteman dengan orang-orang hebat seperti Sahabat Beasiswa ini, saya yakin di dalamnya adalah orang-orang hebat dan berpengalaman khsuusnya di bidang pendidikan yang bisa membantu orang lain dalam menggapai cita-citanya.

Selain senang berorganisasi, saya sangat suka belajar mengenai kepemimpinan, mendapati lmu-ilmu baru untuk terus menggali kreativitas, bekerja sama dengan banyak orang. Termasuk dalam hal pendidikan, saya sangat suka mendengarkan pengalaman orang-orang yang bisa belajar ke negara tetangga dan bisa menjadi motivasi untuk saya agar terus belajar yang kemudian bisa menjadi inspirator bagi siapapun untuk bisa melakukannya. Karena halitu juga saya mempunyai keinginan kuat untuk menjadi motivator agar bisa berbagi dengan orang lain, menceritakan pengalaman-pengalaman hebat yang saya rasakan. Dan menurut saya, Sahabat Beasiswa adalah wadah yang tepat bagi saya untuk mendapatkan semua hal itu.saya ingin dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut berkontribusi dalam pendidikan, saya ingin berjejaring dengan sesama anggota sahabat beasiswa dan mengajak mereka dengan keahlian dan bidang masing-masing untuk saling bertukar informasi tentang pendidikan. Saya juga berharap setelah menjadi anggota sahabat beasiswa ini agar saya ingin mengubah mindset saya bahwa tidak ada yang tidak mungkin selagi kita berusaha dan berdoa. Saya ingin lebih produktif, bukan hanya sebagai wadah penyedia informasi, Tentu saja saya berharap bisa menambah ilmu serta memiliki relasi dan kesempatan yang luas yang bisa megantar saya untuk belajar bersama orang-orang berpengalaman lainnya.

2. Contoh Motivation Letter 500 kata dari Reski Febriani

Berikut ini adalah contoh motivation letter 500 kata dari Reski yang sudah diringkas dari yang sebelumnya sekitar 700 kata. Meskipun sudah diringkas tetapi tidak mengurangi esensi dari contoh motivation letter 500 kata yang bisa anda baca.

Atas segala hormat izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penerima Beasiswa BI Tahun 2018 karena telah memberikan kesempatan bagi saya untuk mencoba pengalaman baru bersama Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia. Perkenalkan, saya Reski Febriani. 12 tahun saya meniti pendidikan di lampung. Mulai dari SD Kekiling, hingga masuk SMP dan SMA Favorit se-kabupaten, yakni SMP N 1 Kalianda dan SMA N 1 Kalianda. Ketika SMA saya mulai aktif di kegiatan ekstra kurikuler, yaitu di Pusat Informasi Konselinng Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) hingga menjadi Ketua Satuan Tugas (Satgas) SMA N 1 Kalianda. Selain Aktif di kegiatan organisasi, siswa yang dulunya lugu ini juga pernah mengukir beberapa prestasi, diantaranya Juara 2 lomba debat bahasa inggris, The 2nd Champion On English Debating Competition as The Best Speaker, dan menjadi peserta lomba mading Pasar Modal tingkat Provinsi dalam acara KSPM Competition Days (KCD) 2015 di Universitas Lampung. 

Sejak kecil, saya dikenal sebagai orang yang pendiam. Namun saya cukup bagus dalam hal berbicara di depan umum. Ternyata saya cepat memahami sesuatu dan pandai menjelaskannya dengan baik. Oleh karena itu di masa perkuliahan saat ini, saya aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa SiGMA. Dunia Jurnalis dan Broadcasting kini sudah menjadi bagian dari keseharian saya. Pada kepengurusan tahun ini saya diamanatkan untuk menjadi redaktur majalah. Selain itu saya juga aktif dalam Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia, dan kini menjabat sebagai Sekretaris Umum. Untuk menjaga persaudaraan dari tanah kelahiran, saya juga ikut dalam organisasi primordial, yakni Ikatan Keluarga Mahasiswa Lampung. Disanalah tempat saya kembali. Keluarga kecil yang siap menerima keluh kesahnya merantau dan mengenyam pendidikan di tempat orang. Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan beberapa alasan yang menjadikan saya layak untuk menerima beasiswa ini. 

Cita-cita saya adalah Menjadi seorang Jurnalis dan Notaris. Tentu itu bukanlah hal yang mudah. Notaris bukan hanya soal berkas. Perlu banyak relasi dan paham akan dunia Hukum, Ekonomi , dan Bisnis agar dapat menunjang kualitas dan produktifitas. Dunia Bisnis sangat erat hubungannya dengan surat-surat kontrak, akta notaris, dan hal-hal lain yang diperlukan sebagai bukti legalitas. Ilmu jurnalistik sangat diperlukan di segala bidang, termasuk juga dalam profesi hukum, bisnis apalagi perkantoran. Saya harap kemampuan yang saya miliki dapat memberikan banyak kontribusi untuk pengembangan Komunitas Beasiswa Bank Indonesia. Karena bagaimanapun semua lembaga/instansi pasti membutuhkan dokumentasi dan publikasi demi menunjang eksistensi. 

Ekonomi saat ini menjadi titik vital yang menentukan maju atau tidaknya suatu Negara. Namun perekonomian warga tampaknya belum juga mencapai taraf yang diinginkan. Melalui komunitas penerima beasiswa bank Indonesia ini saya berharap dapat mengadakan penyuluhan bisnis dan hukum ekonomi syariahnya kepada masyarakat. Saya ingin merobohkan tembok-tembok kemiskinan dengan membuka pintu-pintu alternatif usaha yang produktif dan halal kepada masyarakat sebagai dobrakan pertama. Di LPM SiGMA saya juga belajar tentang marketing dan bagaimana caranya membangun public relation. Dengan adanya kesempatan ini, saya berharap ini menjadi peluang untuk saya agar bisa lebih mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah saya dapat dan meningkatkan potensi yang sudah terbangun. 

Menjadi wartawan kampus yang independen menjadikan saya pribadi yang berkompeten, berani, bertanggungjawab dan mampu menerima tantangan-tangtangan baru di setiap kondisi. “Learn the way, then find your own way.” Kalimat tersebut membuat saya selalu bangkit dan terus berkarya dalam hal apa pun. Masa ini adalah masa dimana saya harus selalu aktif menjalankan hal-hal yang bermanfaat. Ikuti arus kehidupan tapi jangan sampai hanyut. Kau harus menemukan jalan keluar, jalan yang menentukan kemana masa depanmu terlukiskan. Demikianlah surat motivasi ini saya buat untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.  

Itulah informasi tentang Contoh Motivation Letter Beasiswa 500 Kata. Semoga bisa bermanfaat dan bisa memberikan anda ilham serta inspirasi untuk membuat motivation letter yang bagus.
Previous Post Next Post