Apakah kuliah setiap hari? Berapa Hari Kuliah Dilaksanakan? Kuliah Berapa Jam?

Apakah kuliah setiap hari? Berapa Hari Kuliah Dilaksanakan? Kuliah Berapa Jam?

Apakah kuliah setiap hari? Kuliah memang merupakan kegiatan belajar yang sebagaimana pada umumnya memerlukan waktu yang cukup untuk menyelesaikan kegiatan itu. Kuliah dalam jenjang waktu tak banyak berbeda dengan jenjang SMP atau SMA sehingga membutuhkan waktu yang banyak.

Perbedaan kuliah dengan jenjang pendikan sebelumnya adalah terletak pada teknik dan cara pembelajarannya. Hal ini sangat cocok bagi mahasiswa karena beberapa mahasiswa pun perlu untuk melakukan kegiatan lain seperti bekerja sambil kuliah.

Lalu apakah kuliah setiap hari? Apakah setiap hari seorang mahasiswa pergi ke kampus untuk kuliah? Jam berapa hingga jam berapa kuliah dilaksanakan?

Apakah kuliah setiap hari?

Waktu dan jam perkuliahan itu bisa berbeda tergantung pada kampus, jurusan dan jenjang perkuliahan. Pada umumnya, perkuliahan itu dimulai dari jam 8:30 hingga jam 5 petang. Namun pada beberapa kampus juga ada perkuliahan yang dilaksanakan hingga malam hari.

Apakah kuliah setiap hari? Untuk jenjang S1 untuk semester awal seperti semester 1 dan 2 itu biasanya penuh dengan mata kuliah sehingga seorang mahasiswa akan mengikuti kuliah setiap hari dari hari senin hingga hari sabtu.

Namun untuk semester akhir seperti semester 5 dan seterusnya, biasanya perkuliahan di kelas sudah habis sehingga tinggal mengerjakan tugas-tugas seperti tugas akhir atau penelitian. 

Pada semester akhir ini biasanya mahasiswa tidak kuliah di kelas dan juga kuliah setiap hari. Kegiatan yang ada adalah bimbingan dan bisa dilaksanakan di ruang dosen atau bahkan di rumah dosen.

Untuk jenjang s2 dan s3 biasanya perkuliahan tidak setiap hari melainkan hanya beberapa hari saja. Bisa 4 hari dalam satu minggu dan hanya dua mata kuliah saja atau untuk program khusus biasanya malah hanya 2 hari dengan jadwal kuliah dari pagi hingga petang.

Berapa Hari Kuliah Dilaksanakan?

Sebagaimana sudah dijelaskan sedikit di atas, berapa hari kuliah dilaksanakan itu tergantung dari kampus dan jurusan serta jenjang. 

Untuk jenjang s1 biasanya pada hari aktif sekitar 5 hari dalam 1  minggu, sedangkan untuk jenjang s2 dan s3 bisa hanya 4 atau bahkan 2 hari saja. 

Untuk mahasiswa yang ada pada jenjang akhir biasanya malah tidak adak perkuliahan, hanya ada penelitian dan tugas akhir.

Kuliah Berapa Jam?

Kuliah dilaksanakan berapa jam? ini pun tergantung dari jumlah sks yang diambil. Jika sks banyak diambil terutama pada saat kuliah pada semester pertama maka biasanya kuliah dilalui sejak jam 8 pagi hingga jam 5 petang. 

Untuk semester akhir karena tidak banyak sks yang diambil bisa jadi hanya 1 atau 2 jam perkuliahan saja yang diambi.
Previous Post Next Post